Donasi PSI

APA ITU KARTU SAKTI?

Kartu SAKTI adalah singkatan dari Kartu Solidaritas Anti Korupsi dan Intoleransi yang akan diberikan kepada setiap orang yang mendonasikan sejumlah dana iuran anggota secara rutin.

Kartu SAKTI dapat digunakan untuk terlibat dalam berbagai kegiatan PSI yang bersifat online dan offline

KENAPA KARTU SAKTI?

Demokrasi yang  sehat  ditandai dengan tingginya “party id” yaitu  hubungan yang erat antara partai politik dan anggota atau para pemilih partai pada saat pemilihan umum. Hubungan yang erat itu ditandai dengan hubungan “saling membutuhkan” antara keduanya. Pada satu sisi, partai politik yang baik mesti membuka diri untuk terus berinteraksi dan berkomunikasi dengan para anggota. Kebijakan publik partai dibentuk dengan mekanisme bottom up, mendengar aspirasi para anggota dengan tetap mengacu kepada nilai-nilai dasar pendirian partai. Keputusan-keputusan penting partai mesti melalui konsultasi para anggota partai. Dengan kata lain, parpol berfungsi untuk mengagregasi aspirasi rakyat dan mengartikulasikannya melalui kebijakan publik yang memihak kepentingan anggota parpol.

Pada sisi lain, anggota partai mesti sadar bahwa demokrasi  mengandaikan biaya politik yang tidak murah. Selain memiliki hak mempengaruhi kebijakan partai, para anggota juga memiliki kesadaran untuk berpartisipasi aktif dalam aktivitas partai termasuk dalam penggalangan dana.

Inilah yang absen dalam jagad politik kita hari ini. Berdasarkan survey SMRC pada pemilu terakhir (2014) tersisa hanya 11% pemilih yang memiliki “party id”. Sisanya, 89% pemilih tidak merasa partai yang mereka coblos sebagai partai mereka. Hal ini tentu saja disebabkan oleh buruknya watak parpol dan calon anggota legislatif. Mereka hanya datang lima tahun sekali kepada rakyat. Praktik politik transaksional (vote buying) membuat politisi “membayar putus” dukungan rakyat. Konsekuensinya, parpol dan anggota legislatif terpilih merasa tidak perlu “menyapa” rakyat ketika telah memenangkan pemilu.

Kelahiran PSI salah satunya untuk memperbaiki realitas yang disebutkan di atas: keseriusan untuk memperbaiki hubungan antara PSI dan anggotanya. PSI sejak awal didirikan diniatkan untuk menjadi “partai publik” di mana keputusan strategis parpol tidak hanya diputuskan secara elitis oleh pengurus inti partai namun pendapat dan pikiran anggota menjadi pertimbangan utama. Pada sisi lain sebagai konsekuensi dari keinginan untuk menjadikan PSI sebagai “partai publik” pendanaan PSI juga mesti ditanggung oleh publik sehingga PSI tidak bergantung kepada segelintir donatur besar saja.

Dalam konteks inilah PSI meluncurkan inisiatif “Donasi Solidaritas” di mana PSI memberikan ruang kepada semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi memiliki “saham PSI” dengan mendonasikan dana iuran anggota secara rutin setahun sekali.

JENIS KARTU SAKTI

Ada 6 (enam) jenis Kartu SAKTI yang memberikan pilihan kepada para donatur. Kelima jenis tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Classic: Rp. 25.000,- per tahun
  2. Bronze: Rp. 100.000,- per tahun
  3. Silver: Rp. 1.000.000,- per tahun
  4. Gold: Rp. 10.000.000,- per tahun
  5. Platinum: Rp. 100.000.000,- per tahun
  6. VVIP: Rp 1.000.000.000,- per tahun

MANFAAT UTAMA:

Political Privilege

  1. Mengusulkan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung PSI.
  2. Mengikuti online voting menentukan arah kebijakan PSI.
  3. Mengikuti kegiatan Kopdarnas, Kopdarwil dan Kopdarda

Communication Access 

  1. Dapat berkomunikasi dengan legislatif dan eksekutif dari PSI
  2. Dapat menilai kinerja anggota legislatif dari PSI
  3. Dapat berinteraksi dengan pengurus PSI level DPP, DPW dan DPD

MANFAAT TAMBAHAN

Community Channel

  1. Mendapatkan akses berinteraksi dengan anggota komunitas PSI
  2. Mendapatkan akses untuk menawarkan keahlian dan produk/jasa kepada anggota komunitas PSI
  3. Memiliki kesempatan untuk membangun komunitas online di teman.psi.com

Special Event

Mengikuti kegiatan seminar yang dihadiri high-level executive seperti pengusaha, menteri, dan akademisi

Coaching Opportunity

  1. Mengikuti sesi coaching dan mentoring dari PSI
  2. Mendapatkan kesempatan konsultasi (bisnis dan non bisnis) dengan coach yang dipilih oleh PSI
  3. Memiliki kesempatan dipilih menjadi coach/mentor

Education Access

  1. Mengikuti pelatihan online yang diselenggarakan PSI
  2. Mendapatkan informasi berbagai peluang beasiswa dan pendidikan formal/non formal di dalam dan luar negeri
  3. Mendapatkan beasiswa dan subsidi biaya pendidikan formal dan non formal

Lost Password

Register

Social Login