Share This Post

Umum

Indonesia bukan endonesia

Seringkali kita mendengar di media televisi orang-orang menyebut nama negara kita “endonesia” dengan bangganya,padahal seharusnya kita menyebutan nama negara kita dengan benar yaitu Indonesia, baik itu orang biasa, artis maupun politisi. Apa mereka sudah lulus SD atau belum ya? Dan saya tidak melihat ada satupun alasan yang bisa dibenarkan untuk menyebut nama negara kita endonesia, baik dari sejarah pembentukan negara ini ataupun alasan demografi. Mungkin juga mengapa banyak yang menyebutkan negara kita ini endonesia bukan Indonesia karena menyebut vokal “e” lebih mudah daripada menyebut vokal “i” yang memerlukan energi lebih besar. Karena itu banyak anggapan masyarakat Indonesia itu malas-malas karena hal penyebutan nama negara saja sudah salah. Bule saja bicara negara kita Indonesia bukan endonesia loh…

Jika kita mencintai seseorang atau mencintai sesuatu maka tentunya kita akan mempelajari dan memperdalam pengetahuan kita akan hal yang kita cintai itu. Begitu juga jika kita menyebutkan nama seseorang atau sesuatu yang kita cintai itu, tentunya kita akan melihat bagaimana nama seseorang atau sesuatu itu ditulis oleh penciptanya, sehingga kita bisa mengetahui dengan jelas apa sebenarnya ejaan yang ditulis oleh yang menciptakan nama tersebut sehingga orang lain menyebut nama itu dengan benar. Dengan penyebutan nama dengan benar akan membuat si pemilik nama tersebut mearsa sangat dihargai. Begitu juga halnya dengan penyebutan nama negara kita ini, tentunya menyebutkan nama negara dengan benar yaitu Indonesia bukan endonesia, akan menambah rasa cinta terhadap tanah air kita. Ada satu contoh aneh bin ajaib, ketika ada seseorang yang menybutkan nama-nama negara, ia membaca India dengan benar kemudian menyebut Indonesia dengan endonesia, saya heran dan “takjub” akan hal itu.

Saya sangat heran mengapa belum ada satupun partai atau institusi di negara ini loh yang berani mengusulkan agar menyebutkan negara kita ini dengan benar, seolah-olah menganggap sama saja Indonesia dengan endonesia. Justru hal yang paling kecil inilah yang saya yakini akan membawa perubahan besar bagi kemajuan dan kecintaan terhadap negara kita Indonesia ini.

Saya sangat berharap Partai PSI sebagai partai baru berani membuat terobosan baru dengan mendobrak kebiasaan yang saya anggap kurang baik dan tidak mendidik ini dengan mengumumkan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar mulai menyebutkan nama negara kita dengan benar yaitu Indonesia bukan endonesia. Dan saya yakin semuanya akan setuju [yang tidak setuju, harap dicek kembali kelulusan SD nya] dengan terobosan baru dari partai baru seperti Partai PSI ini yang tentunya saya yakin akan semakin menaikkan pamor Partai PSI di mata masyarakat Indonesia dan di mata dunia.

Ayo semua rakyat Indonesia mulailah membuang hal yang dianggap remeh ini, mulailah menyebut nama negara kita dengan benar yaitu Indonesia bukan endonesia.

Share This Post

Leave a Reply

Lost Password

Register

Social Login