Share This Post

Umum

TPPU bukan TPU (Tempat Pembuangan Umum)

TPPU bukan TPU (Tempat Pembuangan Umum)

Beberapa pengumuman yang muncul pada sebuah portal web pemerintahan, salah satunya membuat saya cukup penasaran tentang headline yang berbunyi : ” Pengumuman Beneficial Owner “. Membuat saya ingin berselancar untuk menggali info yang berujung pada munculnya sebuah Peraturan (PP No.13 Tahun 2018) dengan judul “Penerapan Prinsip Mengenai Pemilik Manfaat dari Korporasi Dalam Rangka Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme”. Semua info yang muncul seperti Beneficial Owner / Penerima Manfaat Terakhir terkait pada sesuatu yang bernama TPPU a.k.a Tindak Pidana Pencucian Uang.

Sebelum membaca dokumentasi tersebut, marilah bersama-sama mencari tahu apa definisi yang sesuai untuk TPPU tersebut. Tindak Pidana Pencucian Uang atau TPPU , menurut Muhammad Fuat Widyaiswara Utama adalah “Suatu perbuatan dengan cara-cara yang licik untuk mengaburkan asal-usul uang hasil kejahatan supaya hasil-hasil kejahatan itu akhirnya kelihatan menjadi seolah-olah bersumber dari suatu kegiatan usaha yang legal”. Ngeri sekali yah membaca pengertiannya saja.Untuk unsur-unsur, serta faktor-faktor yang mendukung terjadinya perbuatan TPPU dapat teman-teman gali lebih dalam dari berbagai sumber yang ada.

Beberapa instansi pemerintahan, saat ini mencantumkan sebuah persyaratan sebelum memberikan sebuah perizinan kepada sebuah ogranisasi. Hal tersebut mengharuskan sebuah organisasi untuk membuat gambar berupa bagan organisasi yang berisikan: seperti siapakah penerima manfaat terakhir dari sebuah organisasi ? peraturan ini tentunya berbeda dari peraturan sebelumnya. Apakah maksud dari adanya persyaratan tersebut ? Tentunya sesuai dengan visi Pemerintah untuk mencegah dan memberantas Tindak Pidana Pencucian Uang.

Share This Post

Leave a Reply

Lost Password

Register

Social Login